Tundukkan Spanyol, Jepang Lolos, Jerman Tersingkir

188
Thanaka memastikan kemenangan untuk Jepang. Foto: BBC

Bola, edisiana.com Jepang keluar sebagai juara Grup E usai menundukkan Spanyol 2-1. Untung Tim Matador ini masih selamat dan masuk ke babak 16 besar. 

Dua pertandingan dinihari ini dramatis. Empat tim, Spanyol, Jepang, Jerman dan Kostarika masih punya peluang lolos ke sistem gugur. 

Spanyol mengandalkan hasil pertandingan Jerman melawan Kosta Rika agar mereka bisa maju.

Tapi Spanyol hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos. Dan mereka tidak diharapkan membutuhkan bantuan dari tempat lain.

BACA JUGA:  Hanya Satu Permintaan Ten Hag kepada Sancho, Minta Maaf

La Roja unggul setelah Alvaro Morata menyundul umpan silang Cesar Azpilicueta pada menit ke-11.  Sampai turun minum pasukan Luis Enrique masih unggul 1-0. 

Tapi Jepang dengan cepat mengubah permainan dan seluruh Grup E. Samurai Biru memasukkan pemain pengganti Ritsu Doan dan Kaoru Mitoma.  

Alhasil dalam waktu enam menit setelah babak kedua dimulai, mereka berdua membuat dampak yang besar.

Doan menyamakan kedudukan dengan tembakan keras dari tepi area penalti. Hanya butuh 142 detik kemudian, Mitomo menerima umpan silang rendah Doan. Lalu menemukan Ao Tanaka di mulut gawang Spanyol. 

BACA JUGA:  Kane Pecahkan Rekor Topskor Musim Lalu untuk Kejar Lewandowski

Gol tersebut awalnya dianulir oleh asisten wasit yang mengisyaratkan umpan silang Doan telah keluar dari permainan. Namun Asisten Video Wasit memutuskan bahwa Mitomo telah mencapainya tepat waktu.

Segalanya menjadi lebih buruk bagi Spanyol. Apalagi Kosta Rika secara mengejutkan memimpin atas Jerman beberapa saat kemudian. Lantara pada tahap itu mereka terancam keluar.

Sementara seperti dilansir BBC para pendukung Spanyol tidak percaya melihat layar besar di Stadion Internasional Khalifa menunjukkan tabel grup yang diperbarui. 

BACA JUGA:  Leverkusen Tak Terkalahkan, Samai Rekor Munich

Untung Jerman bangkit menyelamatkannya. Dengan reli golnya akhir Jerman yang membuat La Roja lolos sebagai runner-up grup karena selisih gol.

Dari hasil pertandingan pada Jumat dinihari ini, Jepang pada puncak klasemen dengan mengantongi enam poin. 

Spanyol dan Jerman pada posisi dua dan tiga sama-sama memiliki empat poin. Sementara Kostarika satu poin.(maq)

BAGIKAN