Transfer Pemain Tertinggi di Eropa, Premier Lague, Raja Liga Dunia

488
Klub bola yang tajir akan dikenai pajak mewah. Foto: AP

Bola, edisiana.com Transaksi transfer pemain di Liga Premier masih tertinggi di Eropa. Kendati pandemi tercatat pembelian pemain mencapai  £295 juta atau setara Rp 500 triliun lebih. Pada periode bulan Januari 2022. 

Transaksi ini pengeluaran  Januari mencetak sejarah kedua di Liga Inggris. Sebelumnya 2018  mencatat total pengeluaran sebesar £430 juta.  .

Seperti dilaporkan BBC ada  12 transfer Liga Premier pada hari tenggat waktu 31 Januari ini. Melihat kondisi itu keuangan klub liga Inggris telah pulih dari dampak Covid. 

BACA JUGA:  City Tundukkan Newcastle di Etihad

“Jendela transfer ini menunjukkan bahwa tekanan keuangan Covid pada klub-klub Liga Premier berkurang, dengan pengeluaran yang kuat kembali ke tingkat pra-pandemi dan luar biasa di antara yang tertinggi kami,” kata Jones, mitra dan kepala Sports Business Group di Deloitte. 

Dari fakta itu, imbuhnya, Liga Premier terus memimpin secara global, mempertahankan statusnya sebagai liga sepak bola domestik terbesar di dunia. “Terutama dalam hal keuangan, karena didukung oleh stadion penuh dan mengamankan kesepakatan siaran luar negeri yang kuat,” terangnya. 

BACA JUGA:  Taktik Ancelotti Dikritik, Vinicius Mati Kutu

Sementara gabungan empat liga teratas Eropa lainnya, Laliga , Seria-A, Lague 1 dan Bundesliga hanya menghabiskan 380 juta euro (£ 317 juta). Dan bila dibandingkan gabungan Liga Premier dan EFL hanya  £ 2 juta lebih saja. 

Pengeluaran bersih klub Liga Premier (biaya pembelian dikurangi penjualan) sebesar £ 180 juta adalah yang tertinggi sejak jendela transfer Januari 2003.(maq)

BACA JUGA:  Pemain Liga Satu Inggris Pingsan di Lapangan
BAGIKAN